Deal! Indonesia Beli Pesawat Airbus A400M!



DUBAI, 18 November 2021 - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia (RI) memesan dua pesawat Airbus A400M untuk penggunaan alat angkut serta pengisi bahan bakar. Dengan masuknya Indonesia, negara pengguna pesawat bongsor ini bertambah menjadi 10. Kontrak atau Letter of Intent (LoI) antara Kemhan RI dengan perusahaaan dirgantara Eropa itu mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan menyeluruh. Selain itu Indonesia akan menambah empat unit A400M lagi di masa depan.


”Pesanan baru ini akan semakin memperluas jejak A400M di kawasan Asia Pasifik. A400M menawarkan kemampuan luar biasa kepada Indonesia, memberikan TNI Angkatan Udara (AU) dengan platform sempurna untuk mengirimkan muatan besar dan berat ke daerah-daerah terpencil serta melipatgandakan proyeksi kekuatan udara berkat kemampuan pengisian bahan bakar udara yang andal,” kata CEO Airbus Defense and Space, Michael Schoellhorn, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021). A400M memiliki kemampuan angkut yang besar dan mampu mendarat di landasan kasar dan pendek.


A400M merupakan pesawat berbadan besar pertama yang mampu mengirim logistik berat seperti truk bahan bakar, ekskavator, makanan, pakaian, dan obat-obatan saat bencana gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Pesawat mendarat di landasan pacu yang rusak dan pendek.

8 views0 comments