Latam Airlines bangkrut?


Jakarta, INDOAEROVID.COM - Maskapai terbesar di kawasan Amerika Latin, Latam Airlines Group menyatakan diri bangkrut pada selasa (26/5) lalu setelah mengalami penurunan tajam dalam perjalanan udara dampak dari pandemi COVID-19. Maskapai ini mengajukan kebangkrutan Chapter 11 di Amerika Serikat.


Dikutip dari laman detik.com, meski kantor Holding pusat maskapai ini berada di Santiago, Chile, tapi deposito terbesar mereka disimpan di Amerika Serikat.

Untuk itu mereka pun mengajukan perlindungan dari kebangkrutan lewat Chapter 11.


Chapter 11 dikenal oleh perusahaan di amerika sebagai bentuk perlindungan dari kebangkrutan, bagi perusahaan yang tidak dapat menunaikan kewajibannya kepada para kreditur. Dengan hal tersebut, perusahaan berhak untuk melakukan re-organisasi, baik itu aset maupun piutang yang nantinya dapat dilikuidasi untuk membayar hutang yang tersisa. Jangka waktu dapat berbulan-bulan, hingga bertahun - tahun, tergantung seberapa besar hutang dan kompleksitas kebangkutan yang dialami perusahaan tersebut.


Penerbangan berjadwal dan kargo akan tetap beroperasi selama re-organisasi, dan karyawan akan tetap digaji, imbuh Chief Eksekutif Latam, Roberto Alvo.


"Kami melihat kedepan untuk masa depan pascaCOVID-19 dan fokus terhadap transformasi kelompok kami untuk beradaptasi dengan cara baru, termasuk cara kami terbang, dengan kesehatan dan keselamatan penumpang dan karyawan kami yang terpenting," katanya dalam sebuah pernyataan pasca mengajukan form kebangkrutan.


beberapa sumber mengatakan Latam menginginkan untuk mengembalikan 19 pesawatnya ke lessor dari jumlah 340 jetnya. para lessor akan diberi 15 hari untuk mengklaim jet-jet tersebut. 19 Pesawat tersebut terdiri dari 6 pesawat Widebody Airbus A350 & Boeing 787, dan 13 pesawat yang termasuk Airbus A320 dan A321.


Latam Airlines merupakan perusahaan hasil merger dari 2 perusahaan terbesar di kawasan Amerika Latin, yaitu LAN Airlines dari Chile, dan TAM Airlines dari Brasil, yang sepakat untuk merger pada tanggal 13 Agustus 2011. Maskapai ini melayani penerbangan di negara Argentina, Brazil, Kolombia, Ekuador, Paraguay, dan Peru.


INDOAEROVID - ARC


Sumber:

travel.detik.com | abcnews.go.com | forbes.com

Dukung kami dengan

Like dan subscribe channel Youtube kita

youtube.com/indoaerovid

dan cek juga sosial media kita di

Instagram - klik disini

Twitter - klik disini

INDOAEROVID - INDONESIAN AVIATION NEWS AND TALKS

0 views

© 2020

INDOAEROVID MEDIA

Ps: Please kindly to refresh your web if the content not appear