• Admin

Penerbangan dari dan ke China Dihentikan Mulai 5 Februari


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Kepala BNPB Doni Monardo melakukan konferensi pers seusai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/2/2020) -kompas


JAKARTA, INDOAEROVID - Pemerintah memutuskan untuk menutup penerbangan dari dan ke China mulai Rabu (5/2/2020). Hal itu diputuskan setelah Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

Rapat tersebut membahas kepulangan warga negara Indonesia ( WNI) dari Wuhan, China. "Penerbangan langsung dari dan ke mainland RRT (China) ditunda sementara, mulai Rabu, pukul 00.00 WIB," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Minggu.


Dengan keputusan ini, seluruh maskapai Indonesia diminta untuk menunda seluruh rencana penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di Cina daratan sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Begitu juga maskapai asing yang melakukan penerbangan dari Cina menuju Indonesia, termasuk penerbangan transit dari Cina diminta untuk menunda sementara penerbangan menuju Indonesia.


Lebih jauh Pemerintah meminta maskapai nasional maupun asing untuk mempersiapkan diri dengan tetap mengutamakan kepentingan konsumen dan menyampaikan rencana penundaan sedini mungkin sesuai prosedur yang berlaku agar kerugian penumpang dapat diminimalisir. Saat ini tercatat lima maskapai nasional yang mengoperasikan penerbangan ke Cina yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air dan Sriwijaya Air.


Instruksi penundaan penerbangan ini merespons perkembangan wabah Virus Corona akhir-akhir ini menyusul peningkatan skala epidemik virus tersebut dan status darurat global yang ditetapkan WHO. Selain itu, kebijakan tersebut juga menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia dalam rapat terbatas hari ini.


Langkah Indonesia ini mengikuti beberapa negara yang telah lebih dulu memberlakukan larangan masuk bagi warga Cina untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Sejumlah negara itu adalah Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Malaysia, dan Singapura.

39 views
  • YouTube - Black Circle
  • b-facebook
  • Twitter Round
  • Instagram Black Round

© 2020

INDOAEROVID MEDIA

Ps: Please kindly to refresh your web if the content not appear